Home > Renungan > We are Superman

We are Superman

Hampir setiap anak kecil menyukai film superhero. Bahkan tidak hanya anak kecil saja, sampai orang dewasa hingga tua pun menyukainya. Bisa dilihat ketika dibioskop menayangkan film-film superhero, akan sangat membludak, dan penontonya pun dari berbagai usia. Memang film semacam ini sangat memanjakan sisi fantasi kita. Dan jujur saja film-film superhero adalah salah satu film favorit saya. Seberapa banyak superhero yang anda tahu? Semakin bahagia masa kecil kita sepertinya semakin banyak yang kita tahu. Namun yang jelas superhero-superhero papan atas tidak mungkin anda tidak tahu. Seperti Spiderman, Batman, ataupun Superman.

Kadang saya coba berandai-andai, walaupun memang tokoh tersebut hanyalah rekaan, bagaimana seandainya saja superhero tersebut, katakanlah Superman, adalah bukan orang baik. Dia adalah manusia super yang besar dilingkungan manusia normal. Kuat, bisa terbang, punya penglihatan penembus dan penghancur, telinga super, semuanya super. Bagaimana seandainya dia tidak memiliki jiwa yang baik seperti di film. Toh seandainya dia ingin berbuat seenaknya tidak akan ada yang mampu melawannya. Paling tidak dia tidak perlu menjadi Clark Kent yang harus bersusah payah mencari uang sebagai wartawan. Merampok bank pun yang lain tidak akan berkutik. Bagaimana seandainya Superman sejahat itu? Jawaban yang jelas adalah, film nya tidak akan laku. Tapi bukan itu maksud saya. Mungkin akal lebih jelas jika kita melihat jejak Peter Parker, nama Spiderman ketika tidak berkostum, mencari jati dirinya. Setelah ‘dikaruniai’ kemampuan laba-laba, Peter sedikit lepas kendali. Sebagaimana anak muda yang diberi kelebihan, dia benar-benar ‘memanfaatkan’ kemampuan itu. Bahkan dia mampu meraup uang yang banyak setelah memenangkan kompetisi duel seandainya saja uang itu tidak dicuri. Namun setelah sang kakek meninggal dunia akibat dari kejadian yang tidak terduga, dan teringat akan pesan yang ditinggalkan sang kakek, Peter menyadari hal penting bahwa ‘IN GREAT POWER LIES GREAT RESPONSIBILITY’. Kelebihan yang diberikan padanya berarti bahwa ada tanggung jawab dibaliknya. Semakin besar kelebihan itu, semakin besar pula tanggung jawabnya.

Kita, dengan peran kita masing-masing dalam kehidupan ini adalah spiderman atau superman atau dengan kata lain adalah superhero bagi kehidupan disekitar kita. Polisi dengan kekuatannya untuk mengatur, hakim dengan kekuatannya untuk memutuskan, ataupun dokter sebagai perpanjangan tangan Tuhan dengan kekuatannya untuk menyembuhkan. Apapun profesi kita, ada tanggung jawab sosial dibalik itu. Jangan kita salah gunakan kelebihan itu. Jangan hanya karena suatu hal kita tidak mau bertindak padahal ada panggilan akan kewajiban itu disekitar itu. Suatu hal itu bisa apa saja, dan salah satu yang paling mungkin adalah uang. Uang memang penting, namun jangan jadikan uang sebagai segala-galanya. Karena itu hanya akan merusak jiwa kita. Apalah jadinya jika Superman tidak mau menolong jika tidak dibayar? Jika kita benar-benar telah menjadi Peter Parker yang sadar, maka tidak akan ada lagi polisi yang membela sesuatu hanya karena uang, polisi yang tidak mau menindak seseorang karena jabatannya tinggi, hakim yang membelokkan keadilan hanya karena uang, dokter yang mengusir pasiennya hanya karena tidak memiliki uang, dokter yang berharap banyak yang sakit hanya agar mendapat pasien sehingga menambah pemasukan, dan juga untuk profesi-profesi yang lain. Jadilah Superman untuk sekitar kita. Semoga dunia ini menjadi lebih indah dengan hadirnya superman-superman baru.

untuk kakak-kakakku, semoga kalian juga benar-benar telah menjadi superman🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: