Home > fisika, Renungan, Tahukah Anda > ASHABUL KAHFI : Teori Relativitas Einstein dalam Al Quran (2)

ASHABUL KAHFI : Teori Relativitas Einstein dalam Al Quran (2)

Bagian kedua

(sambungan)

Para Ashabul Kahfi hidup melintasi zaman. Mereka serasa tertidur satu hari didalam gua, namun zaman ternyata telah berganti selama 309 tahun (pendapat lain menyatakan 350 tahun).

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).” (QS 18:25)

Bagaimana bisa?

Hal ini bisa dibuktikan dengan analisis melalui fisika modern, yaitu teori relativitas Einstein.

Jika suatu benda, makhluk hidup atau apa saja yang bergerak dengan kecepatan tertentu (mendekati kecepatan cahaya), maka benda tersebut akan mengalami dilatasi waktu dan kontraksi panjang.

Dan didalam Al Quran surat Al Kahf ayat 18 termaktub :

Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur; dan Kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan (diri) dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka.” (QS 18:18)

…Kami balik-balikkan mereka kekanan dan kekiri…” yang berarti mereka di dalam gua bergerak (digerakkan) dengan kecepatan tertentu. Berapa kecepatan mereka, sehingga mereka dapat hidup melitasi zaman? Dari data-data yang kita dapatkan dari Al-Quran berikut analisis untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekaligus pembuktian kebenaran Ashabul Kahfi dalam Al-Quran.

Dari Al-Quran diperoleh data bahwa waktu menurut mereka (Ashabul Kahfi yang bergerak) t0 = 1 hari. Sedangkan waktu yang sebenarnya adalah t = 309 tahun = 109386 hari (tahun qomariah 1 tahun = 354 hari).

Dari penurunan rumus dilatasi waktu :

dilatasi waktu

Didapatkan :

penjabaran rumus

Dan jika nilai t1 dan t0 dimasukkan kedalam rumus :

Perhitungan

V2 = 0,99999.C2
V = 0,999999C

Dari penjabaran diatas, jika para Ashabul Kahfi bergerak (digerakkan) mendekati kecepatan cahaya, maka ini membutktikan bahwa peristiwa tersebut sangatlah masuk akal untuk terjadi.

Kemudian penjelasan lainnya.

…Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan (diri) dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka…

Mengapa orang yang melihat mereka ketakutan?

Seperti penjelasan teori relativitas diatas, bahwa jika suatu benda bergerak dengan kecepatan tinggi maka selalu mengalami dilatasi waktu juga mengalamai kontraksi panjang dengan perumusan ;

Jika V mendekati kecepatan cahaya, maka nilai L1 ( panjang benda yang diamati oleh kerangka acuan yang berbeda) akan mendekati nol. Ini berarti Ashabul Kahfi sudah hampir tidak terlihat wujudnya oleh orang yang melihatnya dari luar. Namun bahwa mereka digerakkan ke kakan dan ke kiri , yang berarti mereka bergerak bolak balik, sesuai dengan teori fisika bahwa sebuah benda yang bergerak dengan arah yang berlawanan dengan arah semula, maka benda tersebut akan mengalami berhenti sesaat sebelum berbalik arah. Pada saat berhenti sesaat ini, maka panjangnnya akan kembali seperti semula. Sehingga setiap saat mereka akan berubah dari ukuran semula… mengecil… menghilang… membesar… ukuran semula. Begitu seterusnya. Dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bisa dibayangkan bagaimana wujud mereka. Tentulah sangat mengerikan bukan?

Penjelasan berikutnya.

Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu,” (QS 18:11)

Mengapa telinga mereka ditutup?

Sebagaimana kita semua telah mengetahui bahwa bunyi ditimbulkan dari suatu benda yang bergetar atau bergerak dan getaran benda itu menggetarkan udara. Selanjutnya udara tersebut menggetarkan selaput telinga, gendang telinga yang frekwensi getarannya sama dengan getaran frekwensi getaran benda, maka kita mendengar bunyi.
Namun apabila suatu benda bergerak diatas kecepatan bunyi, maka akan terjadi patahan gelombang (supersonic fracture) yang menimbulkan ledakan suara yang luar biasa kuatnya, bahkan mengakibatkan pecahnya kaca dan bengunan-bangunan. Misalnya pada pengemudian pesawat supersonic yang mengakibatkan suara yang meledak-ledak dan meruntuhkan bangunan dan kaca-kaca disekitarnya.

Demikian pula dengan Ashabul Kahfi. Sebagaimana telah diuraikan diatas, bahwa gerakannnya mendekati kecepatan cahaya sehingga juga berlaku patahan-patahan gelombang, yang akan menimbulkan ledakan suara seperti halnya pesawat supersonic. Oleh karena itu sesuai dengan ayat 11 surat Al Kahfi telinga mereka ditutup selama beberapa tahun, ternyata guna melindungi gendang telinga meraka dari ledakan-ledakan suara yang ditimbulkan dari gerakan mereka yang terlalu cepat.

Dari analisis diatas kita dapat membuktikan secara ilmiah kebenaran cerita Ashabul Kahfi yang dulu oleh orang-orang barat dianggap cerita fantasi. Karena mereka mengganggap cerita itu tidak masuk akal, dan selama ini belum terbukti orang mampu hidup tanpa makan dan minum sampai bertahun-tahun. Dan mereka memvonis semua cerita yang tidak masuk akal tidak dapat diterima sebagi suatu kebenaran. Persepsi yang demikian itu salah, analisis diatas membuktikan bahwa sesuatu yang tadinya tidak masuk akal menjadi masuk akal. Ini membuktikan bahwa akal manusia itu terbatas, karena mungkin akal manusia belum mampu mencerna dan menganalisis hal-hal tersebut.

Wallahu a’lam bishowab.

  1. edoasu
    December 20, 2009 at 10:12 am

    Dan itulah tanda-tanda kebesaran ALLAH bagi orang-orang berpikir.

  2. cecep
    June 11, 2010 at 10:31 am

    tulisan yang bagus

  3. klaras kineli
    August 26, 2010 at 2:23 pm

    wah bagus bisa nambah ilmu terutama fisika. ada juga dari sisi ilmu biologi. smoga ada la gi dari segi2 yg lain

  4. rey
    October 27, 2010 at 12:22 am

    makasih gan atas infonya.
    sungguh ilmu yg bermanfaat

  5. cep dani
    October 29, 2010 at 3:50 pm

    subhanallah

  6. November 4, 2010 at 5:47 pm

    Ah mengada-ngada…bagaimana bisa dikatakan orang yg tidur bergerak dengan kecepatan cahaya….?

    • February 9, 2013 at 11:37 pm

      Memang susah mas kalau mencoba menghubungkan logika dengan kitab atau agama. Nggak perlu. Simpan saja secara ilmu, benar tidaknya itu Tuhan yang tahu. Secara umum artikel ini menarik lho, apakah dia membuktikan atau tidak, itu terserah mas sendiri.

      • insane
        October 16, 2013 at 1:16 pm

        Bisa.

    • fu
      November 15, 2013 at 10:45 am

      Trus bagaimana dengan bumi yang bisa dianggap batu besar yang tidur tapi bisa bergerak mengelilingi matahari?

  7. adz hie yz
    November 14, 2010 at 1:46 pm

    saya masih belum bisa menangkap bahasa einstein dan maksudnya…

    itu pelajaran kelas berapa sih>>??

    • February 9, 2013 at 11:34 pm

      Kelas 12 SMA terhitung tahun ajaran 2012-2013

  8. November 24, 2010 at 4:46 am

    i like it

  9. December 19, 2010 at 9:10 pm

    analisa yg bagus bung… thks sudah membuka mata dunia…

  10. donna
    September 24, 2011 at 9:43 pm

    sering sekali menemukan yang seperti ini…
    Tolonglah berhenti membuat jembatan, menghubung-hubungkan antara ilmu pengetatuan dengan agama. Bahaya… bisa keblinger.

    Penafsiran itu harus di fikirkan dan disepakati bersama para Kyai atau pemikir agama terkemuka yang di akui umat. bukan sekedar menghubung-hubungkan…
    Ilmu pengetahuan senantiasa berubah sesuai bukti dan fakta ilmiah.

    Beberapa Teori Albert Einstein saat ini sedang di godog dan di sanggah oleh ilmuwan baru.. entah bakal terus dipakai atau di perbaiki.

    Kalau setelah menulis seperti ini, suatu saat teori tersebut terpatahkan atau terbaharukan, bagaimana lalu nasibnya dengan Qur’an??

    Mencari definisi lain agar kembali saling berhubungan tentu saja akan membuat Einstein, Anda dan Qur’an menjadi sesuatu yang tidak konsisten dan memperburu Islam kan??

    • November 25, 2011 at 9:40 pm

      Al Quran berlaku sepanjang zaman.. itu artinya penafsirannya pun bisa dilakukan di sepanjang zaman…
      hukum fisika saat ini bisa terbukti.. tetapi di tahun kemudian mungkin ratusan tahun bisa berubah dan terbantahkan.. yang dulunya mustahil menjadi nyata..
      cthnya saja.. dalam kisah nabi sulaiman as.. bisa memindahkan istana dalam sekejap mata..
      kemungkinan itu bisa dilakukan kembali. tapi tidak utk saat ini.
      krn pengetahuan kita yg terbatas.. Insya Allah dgn terus mengembangkan ilmu pengetahuan kita cara memmindahkan istana dlm sekejap pun bisa dilakukan,, bukankah menembus langit pun bisa sesuai dgn surat ar rahman 33.. hanya saja kita butuh pengetahuan yg semuanya bersumber dr sang pencipta..

    • May 27, 2013 at 8:17 pm

      sesungguhnya hanya orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran,,,,anda keliru jika ingin memisahkan antara ilmu pengetahuan dan agama, karena tidak seorang pun yang akan mengenal Tuhannya tanpa memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, bahkan Allah memerintahkan hambanya pada saat pertama kali Al-Qur’an diturunkan untuk “membaca”, apa yang harus “dibaca” ? apa yang telah Allah ciptakan. Ruang dan waktu adalah salah satu ciptaan Allah yang juga tak luput dari perintah-Nya untuk kita “baca”, tidak usah takut kita tidak akan bisa memahaminya karena Allah akan selalu membantu kita sesuai dengan firmannya pada surah yang sama, yang kurang lebih artinya “Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya”. Sesungguhnya Allah itu Maha Zahir dan Maha Batin…..

    • pencari Tuhan
      October 16, 2013 at 1:26 pm

      Malah harus… hanya orang2 bodoh membaca tanpa mau mengkaji al-quran scara mendalam dan trs mencari pembuktiaannya scr ilmiah..dan yg lebih parah lagi menjadikan alquran sebagai alat pengusir setan🙂
      Islam tdk pernah menjadi buruk walau sekalipun sbagianbesar muslim itu buruk dlm mengaplikasikan islam itu sendiri

    • pencari Tuhan
      October 16, 2013 at 1:31 pm

      Semakin digodog malah semakin ilmuwan skrg mendukung teori einstein..silahkan searching teori string,superstring,supergravity, M THEORY, TOE.

  11. Ainun Nuha
    November 25, 2011 at 8:24 pm

    Subhanallah . .
    maha benar Allah atas segala Firmanya

  12. irfan mb
    November 25, 2011 at 11:53 pm

    analisisnya agak dipaksakan

  13. March 22, 2012 at 8:17 am

    Subhanallah, jadi tambah mengerti……dan yakin klo kisah ini bukan dongeng belaka. Allahu Akbar!!

  14. Nadiasaputro
    April 9, 2012 at 8:57 am

    Subhanallah..
    mamaksimalkan kemampuan berpikir kita. “bagi mereka yang berpikir”
    yg nga suka mikir njlimet.. selahkan anda kembali tidur saja.

  15. ghiyast farisi
    May 21, 2012 at 11:44 am

    gan, berdasarkan rumus di atas, yang menunjukan bahwa kecepatan nya sama dengan kecepatan cahaya nya mana ??
    kea nya perhitungan nya masih belom bener dah -__-
    agan cuma ngitung kecepatan si ashabul kahfi nya aja, dan ngga di masukin ke satuan kecepatan cahaya (3×10^8 m/s)

    • Chimot
      May 21, 2012 at 3:45 pm

      V=0,9999.C
      yang artinya sangat mendekati kecepatan cahaya (kalau tidak mau dibilang sama).
      dengan melalui perbandingan, tidak perlu lagi dimasukkan koefisien c nya kan.

      • pencari Tuhan
        October 16, 2013 at 1:28 pm

        Kecepatan cahaya 299.792.458 m/s
        300jt m/s cm pembulatan aja

  16. ghiyast farisi
    May 21, 2012 at 8:36 pm

    gan setelah ane hitung ulang pake rumus di atas sebener nya bener hasil nya mendekati kecepatan cahaya yakni 299,999.99997642 m/s
    karena mendekati 300,000 m/s😀😀
    agan pake konstan kecepatan Cahaya = 1 yak ??
    ane ngitung nya pake PHP gan, ane buat program kalkulasi dilatasi waktu nya
    cekidot screenshot nya gan http://i.imgur.com/kVpuA.png

  17. SAAD
    August 5, 2012 at 8:51 am

    Baguslah bwt tmbh2 pngetahuan… tp hati2 jgn smpe kita terjebak ma teori2 yahudi.
    blm apa2 udh2 beda teori rumus & kalkulasi.

  18. November 25, 2012 at 1:31 pm

    alkahfii.. surat yg penuh misterii… hiiiii

    http://mureo.com/news/selamat-datang-gog-magog.html

  19. December 18, 2012 at 11:09 pm

    Cah smada oyEee

    • Chimot
      December 19, 2012 at 12:04 pm

      smada juga gan?

  1. April 9, 2012 at 11:53 am
  2. May 17, 2012 at 5:57 am
  3. June 8, 2012 at 8:13 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: