Home > Backpack, Journey > Bali e-Kios Tourism Machine Box

Bali e-Kios Tourism Machine Box

Bali e-Tourist Machine Box

Bali e-Kios Tourism Machine Box

Atau apalah nama yang sebenarnya saya kurang tahu. Itu tadi istilah saya sendiri. Bali e-Kios Tourism Machine Box.

Saya menemukan mesin ini di obyek wisata Tanah Lot, Bali pada waktu saya dan keluarga kakak saya berlibur ke Bali pada liburan lebaran kali ini. Tidak sengaja juga sebenarnya menemukan mesin ini. Awalnya, sewaktu tiba dilahan parkir obyek wisata Tanah Lot ini, sambil menunggu ponakan-ponakan saya ganti baju (karena berangkat masih memakai baju tidur), saya iseng-iseng jalan-jalan disekitar lahan parkir. Saya berniat mencari tourist information, siapa tahu saja saja bisa meminta brosur atau peta wisata Bali. Tepat disamping tourist information, saya melihat ada semacam box ruangan, persis seperti box ruangan mesin ATM bank. Saya intip didalamnya ada mesin, juga seperti mesin ATM, namun bentuknya sedikit berbeda. Penasaran juga, mesin apa ini sebenarnya. Nama diluarnya :

FIND IT e-Kios

Dengan keterangan :

Let’s start to explore Bali more. Let’s begin the new exciting experience!

Juga ada tempelan sticker Visit Indonesia 2009 nya.

Tanah Lot Information Center

Tanah Lot Information Center

Wah sepertinya menarik. Dan karena hari masih cukup pagi, hampir belum ada orang yang ber-sliweran, maka cuek saja saya masuk kedalamnya.

Machine Box

Machine Box

Mesin ini komplit rupanya. Disisi bagian atas ada telepon, layar, web cam dan speaker. Dibagian tengah ada layar informasi dan juga tempat untuk menggesek kartu (swipe card). Ada juga dengan keypad dan R-F indentifier. Dibagian bawah ada tempat keluar kartu (card out), tempat keluar kwitansi (receipt), dan tempat keluar uang (cash out).

Jadi kesimpulan saya, mesin ini bisa digunakan untuk melakukan komunikasi panggilan bahkan video call. Bisa digunakan untuk reservasi atau booking online. Bisa juga digunakan untuk menggambil uang. Atau hanya sekedar untuk mencari informasi. Wow, keren abis.

Bagaimana cara penggunaan detailnya saya sendiri kurang tahu. Ingin tanya di-tourist information disamping tapi masih belum buka karena masih kepagian. Akhirnya saya coba utak-atik sendiri saja. Yang saya butuhkan hanya untuk mencari informasi obyek wisata. Awalnya, saya pikir untuk mengaksesnya membutuhkan semacam kartu, tapi ternyata tidak. Untuk akses informasi tentang obyek wisata bisa langsung.

Informasi tentang Bali benar-benar lengkap. Bisa di-search berdasarkan obyek wisata ataupun berdasarkan lokasi. Berdasarkan obyek wisata misal obyek wisata pantai, danau, desa, dll. Dan masing-masing bagian akan disebutkan secara lengkap. Dan apabila kita klik (touch screen) lebih lanjut, maka pemaparan detilnya akan muncul.

Untuk search berdasarkan lokasi, dilayar akan muncul kotak-kotak, yang apabila di-klik maka akan dipaparkan apa saja obyek wisata yang terdapat dilokasi tersebut. Lengkap. Dan kotak-kotak tersebut bisa di zoom in/out. Sehingga bisa untuk daerah yang lebih luas atau lebih sempit.

Salut sekali saya terhadap pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah Bali dengan adanya e-kios ini. Karena sebelumnya saya sendiri cukup skeptis dengan agenda pemerintah tentang Visit Indonesia. Mereka hanya menggembor-gemborkan saja dari sisi promosi dan periklanan. Tapi saya pribadi belum melihat adanya upaya yang maksimal dibagian sarana dan prasarana pendukungnya. Baik itu informasi maupun fasilitas publiknya. Sebagai contoh, saya dan teman-teman saya sehari saja di Bangkok dan Kuala Lumpur namun bisa keliling menjelajah kota hingga kemana-mana, mengunjungi obyek wisatanya. Dan obyek wisatanyapun benar-benar tertata dengan rapi. Tapi saya tidak bisa membayangkan jika ada turis berkunjung ke Jakarta. Bisa gila mereka. Saya saja yang kebetulan orang jawa timur berkunjung ke Jakarta saja stress. Belum lagi obyek wisatanya yang bisa dibilang fasilitas umumnya masih buruk.

Semoga saja pemerintah Indonesia bisa lebih memajukan sektor pariwisata Indonesia dengan memperbaiki sarana dan prasaranya. Dan dikunjungan saya ke Bali berikutnya saya akan mencari informasi lengkap tentang e-kios ini. Baik cara penggunaanya maupun dimana saja terdapat e-kios ini. Karena ternyata dibrowsing internetpun saya belum bisa menemukan informasinya (keyword saya kurang tepat mungkin).

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

